Fungsi Bunga

Fungsi utama bunga bagi tanaman itu sendiri adalah untuk menghasilkan buah. Proses pembuahan ini akan menghasilkan biji. Pembuahan pada bunga harus melalui proses penyerbukan, lalu pembuahan dan selanjutnya pembentukan biji. Pembuahan dilakukan agar dapat memperbanyak bunga yang tumbuh.

Fungsi bunga juga terletak pada wanginya yang khas dan semerbak. Hal ini berguna untuk memikat hewan serangga yang membantu proses penyerbukan. Serangga seperti kupu-kupu sangat menyukai wangi, bentuk dan warna-warna bunga yang bervariasi. Kupu-kupu juga menyukai madu yang ada di dalam kepala putik.

Fungsi bunga yang lain yaitu sebagai tanaman hias. Orang-orang menggunakan tanaman bunga untuk menghiasi taman, kebun, halaman rumah, halaman perkantoran, bahkan di pinggir-pinggir jalan. Tanaman hias bunga beraneka ragam dan variasinya bila dibudidayakan, dapat dengan cara pencangkokan dan penyilangan antara bunga yang sejenis.Selain digunakan sebagai tanaman hias, orang-orang senang dimanjakan dengan warna-warna bunga atau hanya sekedar mencium wanginya.

Bunga juga digunakan oleh orang-orang dalam suatu kesempatan ataupun acara-acara penting. Misalnya saja pada pesta pernikahan, sebagai dekorasi dan hiasan. Bunga juga dapat digunakan pada pesta-pesta lainnya, atau bahkan upacara pemakaman seseorang yang meninggal. Bunga juga sering digunakan oleh orang-orang hanya sekedar untuk mempercantik ruangan di dalam rumahnya. Fungsi bunga lainnya yaitu dijadikan korsase atau bros yang dapat dipakai oleh orang-orang yang ingin mempercantik penampilannya.

Selain memiliki keindahan, tanaman bunga juga ada yang menghasilkan makanan, sayuran dan rempah-rempah, minuman dan bahan obat-obatan. Untuk sayuran misalnya brokoli dan kembang kol. Untuk rempah-rempah seperti cengkeh. Bunga Dandelion kerap digunakan dalam pembuatan anggur. Bunga Marigold digunakan sebagai makanan ayam agar isi telurnya berwarna sangat kuning. Kandungan bunga yang dapat dimakan yaitu meliputi: nasturtium, krisan, cattail, kamperfuli, chicory, cornflower.


About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: